#ask Mohon masukan gan. Lampu utama motor saya ganti led,…

#ask
Mohon masukan gan.
Lampu utama motor saya ganti led, tapi pakai arus ac. Nah, karna karakter led yang nyalanya spontan dan matinya pun juga spontan, saya pengen ubah karakternya seperti lampu bohlam. Jadi nyalanya seperti fade in dan fade out.
Karena kalau mau bikin fade in sepertinya ribet, jadi mau saya bikin fade outnya saja gan.
Kalau di arus dc, bikin fade out led cukup pakai elco. Nah, kalau arus ac apakah juga sama? Kalau sama, pake kondensator yang ukuran berapa gan? Lampu saya 20 watt 12v..



25 thoughts on “#ask Mohon masukan gan. Lampu utama motor saya ganti led,…

  1. Sri Yanto

    kalo di dc,capasitor nyimpen arus,tapi hanya membebani saat oengisian.

    kalau di ac,capasitor nyimpen arus dan menjadi beban saat terhubung dg arus.

    saran di rubah wae di teg dc.

  2. Sri Yanto

    pa g mending ambil jalur dari aki wae?

    nek di nalar rpm motor itu tinggi=frekwensi juga tinggi,jadi minta dioda sin fast recovery.

    teg ac jika di jadikan dc juga akan jadi lebh tinggi(kisaran 1,3 x teg ac).

  3. Jacko Elektronik Servis

    Kalo led langsung ambil dari aki gak bakal tekor mas...karna arus led kecil.beda sama bohlam/HID.lampu juga lebih awet....klo RTD biasnya sudah sama driver led nya mas...kotak kecil.

  4. Irfan Zidny

    kalau dari aki, biar lampus selalu hidup, brarti disambung ke kontak gan? brarti sebelum mesin hidup, lampu sudah nyala ya? pas starter beban aki nggak masalah gan?

  5. Aryo Penangsang

    Punya saya sebelum kemodul tak kasih Resistor 10ohm 5watt x 3biji kalo gak salah...alhmdulillah udah jalan 1,5thn awett lednya power lagsung aki.

Leave a Reply